Cara kerja dan keuntungan rem cakram

20 Jan 2021

Cara kerja dan keuntungan rem cakram

Belowspeed - Rem cakram (disc brake) merupakan jenis rem modern yang diterapkan pada sepeda motor /mobil keluaran terbaru pabrikan kendaraan. Rem cakram ini dioperasikan secara hidrolis melalui master rem, selang rem (brake hose) dan kaliper cakram (brake caliper) dengan memakai tekanan cairan minyak rem (brake fluid). Pada rem cakram, putaran roda dikurangi dengan cara penjepitan piringan cakram oleh dua bilah kampas rem (brake pads) yang akan berputar bersamaan dengan roda.

Master silinder terdiri dari sebuah reservoir yang berisi cairan minyak rem dan sebuah silinder yang mana tekanan diperoleh. Reservoir biasanya dibuat dari plastik atau besi tuang atau aluminium alloy dan tergabung dengan silinder. Ujung pada master silinder di pasang tutup karet untuk memberikan seal yang baik untuk silindernya, dan pada ujung yang lain juga diberikan tutup karet untuk mencegah kebocoran cairan minyak rem.

Master rem Motor Supra

Selang rem biasanya terbuat dari selang baja yang kuat dan tahan panas serta cukup lentur untuk dapat bergerak mengikuti kondisi jalan.

Selang rem yang tahan panas dan lentur merupakan hal yang baik
Kaliper Sepeda Motor

Cara kerja rem adalah saat tuas rem ditekan, piston mendorong kembalinya spring dan bergerak lebih jauh. Tutup piston pada ujung piston menutup port kembali dan piston bergerak lebih jauh. Tekanan cairan dalam master silinder meningkat dan cairan akan memaksa kaliper melewati Selang rem kemudian mendorong piston yang terdapat di kaliper silinder. Saat tuas rem dilepas, piston terdorong kembali melalu kaliper cakram, selang rem dan menuju ke reservoir master rem lewat port kembali (lubang kembali).

Keuntungan dari menggunakan rem cakram (disk brake) adalah sebagai berikut:
  1. Panas akan hilang dengan cepat dan memiliki cengkraman yang baik sehingga rem dapat stabil dan jika rem basah, maka air tersebut akan hilang dikarenakan gaya Sentrifugal pada saat roda berputar
  2. Tidak ada perbedaan tenaga pengereman pada kedua sisi dari rem cakram karena menggunakan kampas rem yang berada di dua sisi piringan cakram sehingga sepeda motor tidak mengalami tertarik kesatu sisi pada saat pengereman.

Tags:

Leave A Comment